17
Mar
10

Sehat itu MAHAL

Jum’at 12 maret 2010

Badan terasa ga enak, apalagi daerah mulut, uuu..sakit.. dan ternyata penyakit dulu kambuh lagi, sariawan.. dan sariawan sekarang itu nongkrong di lidah lebih tepatnya di pinggir lidah bagian agak bawah yang berpapasan langsung dengan gigi, sakitnya bikin nangis..hiks..hiksssss…. 😦  (bayangin geura..)

Trus ketambah hari sabtu-ahad harus jadi momod akhwat di skula pranikah tentang persiapan medis pranikah, nah lo.. momodkan harus ngomong, itu sakitnya nambaaaaahh.. jadi pas ngomong itu irit, kecil lagi, untuknya pake mic jadi kebantu deh.. 😀 walopun dengan susah payah menahan rasa sakit, malah laper, ngantuk dan bosen, secara dapet materi ini udah 6 angkatan di double kelas akhwat.. 🙂

Mulai ahad sore itu sakitnya bikin nangis beneran, apalagi pas makan, haduuuwww… berurai air mata..

Dan esok harinya, hari senin beneran ga bisa ngomong, shaum ngomong :D, jadi ngobrolnya pake kertas dan chatting :D, malah orang-orang teh ngegodain heeuu..duasar!!! orang lagi menderita juga, hmmm..do’a orang terdzolimi itu di ijabah lho.. 😀 😀

Dengan sugesti pengen cepet sembuh, seharian tuh makan cengek terus, eee..bukannya sembuh malah diare..hhh…aya-aya wae..

Sudah mau seminggu pengeluaran ekstra buat kesembuhan, beli ini beli itu tiap hari minum Ce Seribu.. lumayan lah.. ngefek..

Ketambah di kasih pinjemin Albothyl tiiiiiiiiiiitttttt iklan dulu :D, bukan di pinjemin ketang tapi dikasih minta :D..

Pas dapet materi persiapan pranikah ada beberapa hal yang di garis bawahi (mana garis bawahnya??? 😀 ).

Check it out =)

Tentang pentingnya menjaga kesehatan :

  1. Makanan sehat itu adalah 3B yaitu Bergizi, Bervariasi dan Berimbang (udah belum tuh.. wah jangan-jangan selama ini malah 3B yang ini Banyak, B.murah, Bergiji.. 😀 maksa, mudah-mudahan segera di rubah pola makannya)
  2. Pastinya sebagai seorang muslim harus yang Halalan Thoyyiban (jadi inget pas makan Whuffle di café yang di deket taman pramuka, “mba, kalo yang ini halal ga???”) ga ada salahnya lagi nanya gitu, hati-hati ya sama makanan yang GeJe, apalagi kalo makan es krim-es kriman di café-café.. KUDU NANYA DULU..
  3. Buah apa yang paling banyak mengandung Vitamin C?? apa cing tebaakkk?? (hee..main tebak-tebakan). Pasti selama ini nyangka itu buah Jeruk, salah jawaban anda. Ternyata buah yang paling banyak menganding Vitamin C itu adalah buah Melon, kandungannya sekitar 100gram..

Tentang Perilaku sadar gizi juga :

  1. Timbang berat badan secara teratur. Yang baik itu 1 bulan sekali.
  2. Berikan ASI saja sejak lahir sampai usia 6 bulan. (tapi Allah berfirman dalam surat Al-baqarah :233 “dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna……”)
  3. Gunakan garam beryodium.
  4. Makanan beraneka ragam.
  5. Minum Vitamin A dan tablet penambah darah. Apalagi buat perempuan pada saat menstruasi yang berlebihan karena kan normalnya darah menstruasi itu cuma 50-150cc.

Gaya hidup sehat :

  1. Makan makanan  gizi seimbang tinggi serat dan rendah lemak
  2. Lakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari. Hayyuuu olahraga, mau fitness, futsal, aerobic, atau lari (olahraga paling murah..:D)
  3. Tidak merokok. Seorang dokter berkata “merokok bikin awet muda karena anda tidak akan menikmati usia senja”.

Enough!! maaf informasinya segini saja, kalo kebanyakan tar ngasih bocoran materi Persiapan Medis Pranikah lagi..

Kalo masih penasaran, silahkan ikut saja Sekolah Pranikah (hee..promosi)

So, sudahkah melakukan pola hidup sehat??

Sesungguhnya tubuhmu memiliki hak yang harus kamu penuhi (H.R. Bukhari Muslim)

Iklan

0 Responses to “Sehat itu MAHAL”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: