01
Okt
11

persangkaan kepada Allah

Orang yang tampak bersungguh-sungguh ketika berdo’a, biar bisa jadi karena keyakinannya bahwa Allah itu dekat. Allah Maha Mendengar do’a orang-orang yang berpengharapan kepada-Nya. Ia yakin bahwa Allah memperhatikan orang yang datang kepada-Nya untuk mengadukan keluh kesahnya atau memohon pertolongan-Nya. Karena kemuliaan-Nya maka adalah kelayakan bagi manusia untuk berdoa yang sungguh-sungguh sekaligus berhati-hati agar terjauh dari berdoa yang tidak layak, sekalipun Allah Sangat Luas Pemberian-Nya.

Tetapi, orang yang tampak sangat bersungguh-sungguh ketika berdoa, sampai wajahnya berkerut-kerut dan ekspresinya berubah, bisa jadi justru karena ketidakyakinannya yang tipis bahwa Allah Maha Mengabulkan doa orang-orang yang berpenharapan kepada-Nya. Ia menyangatkan diri ketika memohon kepada Allah karena khawatir keinginannya tidak tercapai, dan ia tahu Allah Maha Besar Kekuasan-Nya.

Sungguh, sangat jauh perbedaan antara kesungguhan doa orang yang yakin dan kesungguhan orang yang berdoa justru karena kurang yakin terhadap kemurahan Allah. Orang yang sangat besar keyakinannya kepada Allah ketika berdoa bisa jadi sampai menangis, mengingat besarnya karunia Allah dan kecilnya amanah yang sudah ia tunaikan. Orang yang berdoa karena kurangnya keyakinan, juga bisa menangis. Tetapi jauh sekali perbedaannya. Dan berbeda sekali persangkaannya kepada Allah.

“Aku menuruti persangkaan hamba-Ku kepada-Ku” (HR. Bukhari dan Muslim)

*KEdH*


0 Responses to “persangkaan kepada Allah”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: